Tuesday 10 April 2012

Kantor Baru Konjen AS Surabaya Indonesia

Kantor Konjet AS di Surabaya per 9 April 2012 sudah beroperasi di kantor baru di kawasan Lidah sambi kerep Surabaya.
kantor Konsulat Jenderal AS di Surabaya yang dioperasikan sejak 9 April kemarin, looks wonderful. Dari luar laksana benteng dengan pengamanan yang ketat, tapi di dalam ternyata sangat hijau dan environment friendly. Bangunan utama kantor ini hanya berbentuk kotak sederhana dengan arsitektur minimalis.

Soal pengamanan, tidak banyak berbeda dibanding saat masih berkantor di Jl. dr Soetomo. Kantor baru di Jl. Citra Raya Niaga nomor 2 ini disebut sejumlah guard dan staf yang ditemui suarasurabaya.net tahan terhadap serangan bom dan gempa bumi. Struktur betonnya yang kokoh, ditambah pintu-pintu kaca balistics tahan peluru, juga lontaran material eksplosif lainnya.


Menurut Kristen F. Bauer Konsul Jenderal AS di Surabaya, kantor yang menempati area seluas 3,5 hektare ini luasnya 16 kali lipat dibanding kantor lamanya di Jl. dr Soetomo. Bangunan ini dilengkapi sistem pengatur energi dan air yang modern. “Arsitektur bangunan ini dibuat sedemikian rupa sehingga penggunaan listrik bisa diminimalkan dengan memperbanyak kaca. Pengaturan penerangan menggunakan listrik pun diatur otomatis sehingga saat tidak ada orang, listriknya mati dengan sendirinya,” ujar dia.

Manajemen limbah cair pun diperhatikan sungguh-sungguh di sini. Menurut Kristen, limbah cair yang keluar dari kantor ini sudah diproses sehingga aman untuk lingkungan saat dibuang. Tidak hanya itu, sebagian lahan di dalam kompleks kantor ini juga digunakan sebagai reservoir penangkap air sehingga bisa mengurangi potensi banjir di sekitarnya.

No comments: