Thursday 26 January 2012

Dinkominfo Siapkan Para Super User Open Source

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) tidak hentinya berinovasi guna mempercepat pemanfaatan Free Open Source Software (FOSS) di Kota Surabaya. Setelah sukses melakukan migrasi 1246 unit PC di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, hingga merambah ke beberapa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) di Kota Surabaya, kali ini Dinkominfo melalui Bidang Pos dan Telekomunikasi (Postel) kembali menyelenggarakan pelatihan Open Source yang bertajuk Super User.

Pelatihan Super User tersebut diberikan kepada 41 SKPD, Sekretariat Dewan, 31 Kecamatan dan 4 SMA/SMK yang sudah dimigrasi ke Open Source yang masing-masing diwakili oleh 2 orang Super User. Mereka akan dibekali keahlian khusus untuk menjadi Super User Open Source antara lain: tutorial install / reinstall open source SOERYA (Sistem Operasi yang dibangun oleh Dinkominfo), setting server repository ke mirror lokal untuk update atau install aplikasi di SOERYA, teknik instalasi paket software, tutorial install mobile modem, tutorial download driver, install dan sharing printer dan scanner berbagai merk, tutorial download driver printer dan scanner, tutorial sharing printer dan scanner, dan sebagainya, sehingga saat terjadi trouble shooting di instansi masing-masing bisa ditangani secara mandiri.


Waktu pelatihan diselenggarakan mulai Rabu (18/01) hingga Senin (30/01) dengan durasi sekitar 5 jam dari pukul 10.00 s.d 15.00 WIB bertempat di High Tech Mall. Pasca pelatihan ini, diharapkan para Super User yang merupakan early adopter tersebut bisa menjadi agent di lingkungan masing-masing untuk menularkan semangat penggunaan software legal melalui “Surabaya Goes to Open Source”. Para Super User tersebut pun nantinya dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam media yang sudah disediakan oleh Dinkominfo

No comments: