Thursday 27 September 2012

Kebakaran Hutan di Pegunungan Arjuno semakin Luas

Kebakaran masih melanda kawasan Gunung Arjuna. Setelah api yang membakar hutan di wilayah Pasuruan mulai padam, kini api terus merambat ke arah Batu dan Mojokerto.


"Api sekarang sudah masuk wilayah Malang, bukan hanya di Lawang tapi juga sudah merambat ke wilayah Batu," kata Kepala Seksi Malang – Pasuruan Tahura R Soerjo, Gatot Sundoro, Kamis (27/9/2012) petang.
Menurut Gatot, kebakaran di wilayah Pasuruan sudah padam dan hanya tinggal kepulan asap sisa kebakaran saja. Namun api yang masih merembet ke wilayah lain belum padam.

Petugas tidak dapat menjangkau karena medan yang sulit, bertebing curam. Sedikitnya sudah 800 hektar hutan pengunungan Arjuna di wilayah Malang – Pasuruan habis terbakar.

"Petugas dan petani sudah kelelahan setelah sekian hari di gunung berupaya memadamkannya sehingga memutuskan untuk turun dan balik ke rumah masing-masing," imbuhnya.
Luluk Suhariyanto, Kepala Seksi Mojokerto – Jombang Tahura R Soerjo mengatakan kebakaran hutan di wilayahnya mencapai 195 hektar dan terdiri dari 11 blok berada di ketinggian antara 900 hingga 1.900 meter di atas permukaan laut. Meski demikian, kebakaran bisa dikendalikan karena petugas langsung memadamkan titik api yang muncul.



No comments: